Tutorial Membuat Kalkulator Sederhana di Android Studio


TIPS MEMBUAT KALKULATOR SEDERHANA DI ANDROID STUDIO


Yaaa guys disini sesuai judulnya kita akan membuat kalkulator sederhana di android studio. Dengan fungsi penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian. Langsung aja deh ke TKP.


  • Buka Android Studio lalu new project
  • Lalu akan muncul konfigurasi new project, beri nama pada Application Name dan projek location sesuai dengan kemauan anda. Untuk company domain anda bisa memberi nama company sendiri (Jika anda sudah punya) jika tidak ada menggunakan contoh saja example.com. Setelah sudah tinggal next saja.
  • Abis itu bakal muncul mau android versi yang mana. Saya saranin pakai yang Jelly Bean saja, karena penggunaan rata ratanya adalah 95,2%, kemudiain klik next.
  • Setelah itu bakal muncul activity nya yg mana, pilih yang empty activity
  • Kemudian jika Activity name dan Layout name beri nama sesuai keinginan, setelah itu finish.










Untuk membuat kalkulator membutuhkan 2 plain text dan 5 button (Perkalian, Pembagian, Penambahan, Pengurangan dan Hapus) dan 1 text view untuk memunculkan hasil. Jika kalian kesulitan membuatnya, kalian bisa ikuti kodingannya yang sudah saya bagikan. Ada bagian MainActivity.java. Ikuti saja bagian tersebut jika kalian kesulitan membuatnya (Hanya Untuk Refernsi Yaaaa :) ).

Jika Sudah dibuat coba kalian run project dengan menggunakan keyboard, Shortcutnya Shift + F10


Tombolnya ada di pojok kanan atas samping app. 

Terima Kasih sudah melihat website ini, jika bermanfaat bisa di share ke teman teman, bisa juga jadi bahan referensi, pokoknya kalo ada kekurangan bisa comment dibawah :)



Komentar

Postingan Populer